Cara berjualan sepatu dengan baik
Setiap orang membutuhkan sepatu dan banyak di antara kita yang mempunyai sepatu lebih dari yang dibutuhkan. Tahukah Anda cara menjual sepatu kepada orang-orang yang sudah memilikinya? Baik penjualan di toko maupun secara daring (keduanya akan dibahas di sini,) jawabannya adalah dengan keahlian dan senyuman. Kedua hal ini akan membuat pelanggan baru menjadi pelanggan tetap yang menjamin kesuksesan dari usaha Anda.
1. Kenali produk Anda dengan baik.
Pelanggan Anda akan bertanya untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, dan sepatu terbaik yang paling sesuai untuk mereka. Dalam situasi ini, Anda harus mampu menjadi ahlinya. Jangan sekadar memperlihatkan sepatu, tetapi bantulah mereka untuk mempelajari hal-hal baru tentang produk ini. Apa bahan yang digunakan? Kapan sepatu ini dibuat? Apa yang menginspirasi pembuatan sepatu ini?
1. Kenali produk Anda dengan baik.
Pelanggan Anda akan bertanya untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, dan sepatu terbaik yang paling sesuai untuk mereka. Dalam situasi ini, Anda harus mampu menjadi ahlinya. Jangan sekadar memperlihatkan sepatu, tetapi bantulah mereka untuk mempelajari hal-hal baru tentang produk ini. Apa bahan yang digunakan? Kapan sepatu ini dibuat? Apa yang menginspirasi pembuatan sepatu ini?
- Anda juga dapat menawarkan yang lain kepada mereka seandainya sepatu pilihan pertama yang mereka sukai tidak cocok untuk mereka. Dengan pengetahuan Anda yang sangat luas tentang apa pun yang ingin Anda tawarkan, mudah saja menemukan sepatu lain yang akan membuat mereka tertarik.
2. Berusahalah mengetahui siapa pelanggan Anda dan apa yang mereka cari.
Dengan berjalannya waktu, lambat laun Anda akan mampu mengenali tipe-tipe pelanggan (secara umum tentunya.) Anda akan bisa mengetahui apakah mereka datang dengan tujuan tertentu atau hanya untuk melihat-lihat, juga jika harus membedakan antara pelanggan yang sudah tahu dengan pasti apa yang mereka cari dan pelanggan yang belum mempunyai pilihan sama sekali. Tetapi yang terpenting, bertanyalah untuk mengetahui apa kebutuhan mereka. Informasi yang Anda berikan tentunya dapat membantu mereka menghemat waktu dan uang!
- Berusahalah untuk menyapa setiap pelanggan yang datang ke toko Anda. Tersenyumlah dan segera temui mereka untuk membangun relasi tetapi jangan terkesan mengawasi mereka. Biarkan mereka melihat-lihat toko Anda lalu tanyakan kabar mereka dan apa yang bisa Anda bantu.
3. Sediakan tempat duduk untuk mencoba sepatu.
Tawarkan agar mereka mencoba sepatu pada kedua kaki agar ukurannya tepat. Ukuran setiap merek juga akan berbeda. Pada saat mereka duduk, tanyakan sepatu ini nantinya akan mereka gunakan untuk apa agar Anda dapat membantu mereka memilih sepatu yang sesuai dengan kebutuhan dan membuat mereka merasa senang.
- Larilah ke gudang dan bawakan sepatu yang mereka minta, sebaiknya bawa juga sepatu yang sama dengan ukuran yang sedikit lebih besar atau lebih kecil untuk berjaga-jaga (terutama jika ukuran kaki mereka ada di antara dua nomor.)
4. Berikan pilihan.
Kita umpamakan ada pelanggan yang datang untuk mencari sepatu dengan hak, warna kulit yang tidak mengilap. Mereka akan memilih dan meminta Anda mengambilkan sepatu dengan ukuran yang sesuai. Pada saat Anda mengambil sepatu ini, siapkan juga beberapa pasang sepatu lain yang sesuai dengan permintaan mereka yang mungkin akan mereka sukai. Bisa saja mereka tidak sempat melihat sepatu yang lain karena terburu-buru ingin mendapatkan sepatu yang paling tepat.
- Cara ini akan memberikan manfaat ganda jika ternyata ada sepatu yang tidak Anda pajang di toko. Inilah alasannya mengapa Anda harus tahu apa saja stok sepatu yang ada setiap saat sebab mungkin saja sepatu ini terjual jika Anda memajangnya di toko.
5. Berikan penjelasan tentang produk Anda kepada pelanggan.
Jelaskan tentang kualitas, model, kenyamanan dan nilai dari penampilan mereka agar Anda dapat memberikan solusi dan keuntungan bagi pelanggan Anda. Ceritakan juga jika ada umpan balik tentang sepatu yang ingin mereka beli. Sebagai contoh, Anda bisa menceritakan ada pelanggan yang mengatakan bahwa sepatu ini sangat nyaman dipakai, atau sepatu ini sangat disukai oleh pelanggan yang lain.
- Saat ini, kita bisa mendapatkan informasi apa saja hanya menggunakan ujung jari kita. Ada aplikasi yang bisa menjawab semua pertanyaan Anda. Tetapi jika pelanggan harus datang ke toko, Anda yang harus menjadi gurunya. Dengan memberikan semua informasi yang pelanggan Anda butuhkan, mereka tidak perlu mengembalikan sepatu yang sudah dibeli karena ternyata tidak cocok, dan memastikan bahwa mereka bisa menemukan apa yang dapat mereka kenakan sehari-hari.
Komentar
Posting Komentar